Komunitas Pembelajar

Pengurus Wilayah

Pelajar Islam Indonesia ( PII )

Sumatera Barat

Gedung Student Centre Jln.Gunung Pangilun Padang ( Depan MTsN Model Padang)

Search

Sabtu, 18 Oktober 2008

Peringatan Hari anti kemiskinan

Permasalah kemiskinan indonesia bukanlah persoalan pribadi yang terjadi di masyarakat. kARENA YNAG MENGALAMINYA TIDAK HANYA 1 ORANG ATUA SEBAGIAN KECIL MASYARAKAT INDONESIA.Berdasarkan suevey sosial ekonomi BPS tahun 2007 terdapat 37,2 juta penduduk indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kemiskinan tidak hanya terjadi di wilayah tertentu saja tapi terserbar di seluruh wilayah indonesiam dan tidak hanya ada pada usia tua, tapi menurut BPS setiap usia hidup dibawah garis kemiskinan.Sehingga dapat kita simpulkan bahwa kemiskinan telah menjadi persoalan bangsa ini.
Tentunya penyebab kemiskinan ini tidak bisa serta merta ditimpakan kepada salah satu pihak saja.Maka sudah menjadi sebuah kewajiban bagi kita untuk ambil peran dalam proses pengentasan kemiskinan.Termasuk kita, pelajar.
Pada perjalanannya kemiskinan juga menjadi penyebab kebodohan di negeri ini.Kenapa ini terjadi ?Karena untuk mendapatkan pemdidikan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun hari ini kita patut bersyukur, secara kuantitas 97,4% penduduk indonesia telah dapat menjalani pendidikan dasar,walaupun masih dasar.
secara kuantitas memang begitu, tapi bagaimana kualitasnya?
agaknya tidaklah salah jika kita meragukan kualitas tersebut.Dapat kita lihat permasalahan fasilitas pendidikan yang belum menunjang dan tidak merata serta permasalahan tenaga pendidik dan lain sebagainya.
Kedua masalah tersebut bukanlah kesalahan salah satu pihak saja. sudah tentu dibutuhkan kepedulian dan kontribusi semua pihak utnk terlibat dalam penyelesaian masalah ini.Termasuk pelajar sebagai elemen bangsa ini..
lalu dari mana kita mulai ?
tentunya ini dimulai dari suatu kepedulian terhadap permasalah ini.
Untuk itu dibutuhkan suatu gerakan pelajar peduli pendidikan dan kemiskinan.
(Aldi Sanusi )

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beramal shaleh....