Komunitas Pembelajar

Pengurus Wilayah

Pelajar Islam Indonesia ( PII )

Sumatera Barat

Gedung Student Centre Jln.Gunung Pangilun Padang ( Depan MTsN Model Padang)

Search

Rabu, 21 Desember 2011

KERTAS




LATAR BELAKANG

PERGAULAN DAN KORUPSI
Globalisasi sebagai kecenderungan transparansi tata pergaulan dan kerjasama dunia tidak mungkin kita hindari. Hal tersebut akan mempertinggi tingkat keterpengaruhan dan interaksi budaya dan perubahan dunia. Akulturasi budaya akan berlangsung secara lebih kompleks dan rumit. Kebudayaan dan peradaban yang kuat dan memiliki nilai universal akan terjaga eksistensinya dan sebaliknya kebudayaan dan peradaban yang lemah akan hilang secara alamiah.

Konsumtivisme dan hedonisme akhir-akhir ini semakin menguat dan memiliki kecenderungan untuk semakin meluas pada masa yang akan datang. Tantangan ini tentunya harus dihadapi secara serius agar kita bisa terhindar dari keserakahan dan kendali hawa nafsu sebagai akibat perilaku konsumtivisme dan hedonisme. Sudah terlalu banyak bukti sejarah yang menunjukkan bahwa nilai-nilai kemanusiaan akan hilang dan tergelincir karena manusia tidak mampu mengendalikan hawa nafsu dan bertindak serakah.

LINGKUNGAN HIDUP
WALHI mencatat lebih dari 170 ribu hektar hutan lindung telah dialihfungsikan dalam tiga tahun terakhir. lebih dari 80 persen diantaranya dilakukan secara ilegal dalam artian tidak ada proses alih fungsi lahan sama sekali. Semuanya berjalan tanpa ada upaya hukum sama sekali dari pemerintah. (walhi.or.id, 18/03/11)

Kelestarian lingkungan sebagai nikmat dan anugrah dari Allah Swt. perlu dijaga dan dipelihara. Lingkungan hidup merupakan satu keharmonisan kehidupan manusia dan alam yang tak terpisahkan yang diatur untuk kesejahteraan bersama. Oleh karena kedudukan manusia sebagai khalifah yang bertanggung jawab atas kelangsungan hidup bersama tersebut, maka sudah selayaknya apabila manusia mempunyai peran yang sangat menentukan dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Ulah manusia yang serakah dan tidak bermoral  menyebabkan manusia lainnya sengsara dan juga seluruh makhluk dan alam sekitarnya.

NARKOBA
Kejahatan Narkoba menjadi ancaman besar masyarakat dan generasi. Hal itu mengingat sangat banyaknya orang yang terlibat. Di tahun 2006, menurut Kalakhar BNN kala itu, Brigjen Pol dr Eddy Saparwoko, jumlah pengguna Narkoba di Indonesia diperkirakan mencapai 3,2 Juta orang, terdiri atas 69% kelompok teratur pakai, dan 31% merupakan kelompok pecandu; dimana laki-laki 79% dan perempuan 21% (kapanlagi.com, 28/3/2006).
Buruknya budaya hidup sehat dapat terlihat dari banyaknya aktifitas masyarakat yang rentan terhadap penyakit serta lingkungan yang tidak sehat. Padahal kesehatan fisik amat mendukung bagi aktualisasi diri seseorang. Nabi Saw. Sendiri mengingatkan bahwa muslim yang kuat lebih baik dari muslim yang lemah. Kuat di sini  disamping kuat secara psikologis juga kuat dan sehat secara fisik. Lingkungan yang tidak sehat juga mempengaruhi kesehatan diri. Untuk menciptakan kesehatan diri dan masyarakat perlu diciptakan budaya hidup sehat, tindakan preventif, menjaga dan menjamin kebugaran diri serta penjagaan dan pemenuhan gizi.

WAWASAN DAN AKHLAK
Ketertinggalan dalam wawasan iptek dan kebodohan menyebabkan kita kehilangan akses terhadap peluang-peluang dan kesempatan-kesempatan dan kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan ilmu dan teknologi. Ini berdampak pada rendahnya kinerja dan produktivitas individu dan masyarakat. Rendahnya minat baca tulis menyebabkan buruk dan rendahnya tradisi dan prestasi ilmiah seseorang dan masyarakat. Itu lebih jauh akan menjadikan seseorang lemah dalam kemampuan memahami (konseptualisasi) sumber-sumber ajaran, memahami dan menyikapi realitas empirik secara arif, dengan pendekatan keilmuan yang kritis, obyektif dan sistematis.

Krisis spiritual dan dekadensi moral menyebabkan seseorang kehilangan kendali ketika harus mengambil keputusan dan sikap, sehingga perilakunya tidak terkontrol. Penyimpangan aqidah berdampak pada semakin jauhnya seseorang dari hakikat dan misi penciptaan manusia sebagai hamba (Abdullah) dan wakil Allah SWT. (Khalifatullah). Krisis identitas menjadikan seseorang tidak memiliki konsep dan citra diri yang berdampak pada kesulitan untuk mengambil keputusan dan menentukan sikap. Kesulitan bertindak dalam rangka aktualisasi diri. Kondisi seperti ini menjadikan seseorang tidak bisa mengembangkan potensi dirinya secara optimal untuk menunjang tugas-tugas kehidupan, dan tidak mampu menyikapi dan mengatasi problem-problem diri dan masyarakat. Sehingga kehadirannya cenderung menjadi beban sosial, bukan dinantikan oleh masyarakat sekitarnya.

Di latar belakangi dari semua hal di atas kami Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia Sumatera Barat bekerjasama dengan Komunitas SKY, ingin mengajak generasi muda khususnya pelajar di sumatera barat untuk menyalurkan kepeduliannya terhadap kondisi bangsa kita hari ini. Kepedulian terhadap konsep diri dalam hidup, kepedulian terhadap kehidupan sosial masyarakat dan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Semuanya terangkum dalam tema kegiatan ini,

Green Your Self, Your Society, and Your World.

Untuk itulah kami dari panitia pelaksana mengadakan kegiatan Kompetisi Kreativitas Pelajar. Kompetisi tingkat pelajar yang melihat sejauh mana kreativitas pelajar dalam memberikan solusi dari persoalan-persoalan yang telah kita kemukakan sebelumnya. Ide itu disampaikan dalam bentuk tulisan. Pelajar bebas mengekspresikan idenya dalam bentuk tulisan apa saja sesuai kategori berikut. Seperti: Artikel, Cerpen, dan Puisi. 
Kegiatan yang akan kami laksanakan ini adalah:
 
KERTAS
Kompetisi Kreativitas Pelajar, Sky”
Pelajar se - Sumatera Barat






Ketentuan Kompetisi Kreatif Pelajar, SKY (KERTAS)

1.  Peserta merupakan pelajar SMP-SMA/sederajat.
2.  Kompetisi ini bersifat perorangan (Individu).
3.  Karya yang dilombakan belum pernah diterbitkan dalam bentuk buku, dan dipublikasikan lewat media cetak atau elektronik, serta tidak sedang diikutkan dalam kompetisi, lomba atau kegiatan serupa lainnya.
4.  Karya yang diikutsertakan bukan saduran, terjemahan, plagiat atau pun murni menjiplak, baik sebagian maupun keseluruhan, dari naskah yang telah ada sebelumnya.
5. Tiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya untuk masing-masing kategori.
6. Peserta melampirkan Biodata singkat yang dilengkapi dengan Nomor Telepon/HP dan alamat email aktif (dilampirkan bersama naskah cerpen/puisi/artikel).
7.  Cerpen dikirim dengan format
  • Kertas A4, Margin Normal, Top: 4, Left: 4, Bottom: 3, Right: 3
  • Font Times New Roman 12 pt, spasi 1,5 ,
  • Panjang Naskah 8 -10 halaman.
8.      Artikel dikirim dengan format,
  • Kertas A4, Margin Normal, Top: 4, Left: 4, Bottom: 3, Right: 3
  • Font times new roman 12 pt, spasi 1,5,
  • Panjang naskah 3-5 halaman.
9.      Puisi dikirim dengan format,
  • Kertas A4, Margin Normal, Top: 4, Left: 4, Bottom: 3, Right: 3
  • Font times new roman 12 pt, spasi 1,
  • Panjang naskah 50 hingga 300.
10.  Dan dikirim ke email: sky.redaksi@yahoo.com dengan subject: Kertas (kategori yang diikuti).
11.  Peserta wajib mengirimkan sms konfirmasi ke nomor: 085763524024/085767766725 dengan format REG_(kategori yang diikuti)_nama_email.
12.  Karya diterima selambat-lambatnya tanggal 22 Februari 2012 pukul 23.59 WIB. Bagi yang mengirimkan karya lewat dari batas waktu yang ditentukan tidak diterima oleh panitia lomba.
13.Peserta tidak dipungut biaya apapun.
14. Pemenang akan diumumkan melalui website: inioke.com dan WebBlog: www.pii-sumbar.blogspot.com pada akhir Februari 2012. Setiap pemenang akan memperoleh tabanas+sertifikat dan akan diundang untuk menghadiri acara seminar jurnalistik dan launching majalah SKY.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beramal shaleh....