Komunitas Pembelajar

Pengurus Wilayah

Pelajar Islam Indonesia ( PII )

Sumatera Barat

Gedung Student Centre Jln.Gunung Pangilun Padang ( Depan MTsN Model Padang)

Search

Selasa, 23 November 2010

Sedikit Cerita

Awal kisah, Saya ikut Basic Training PII secara tidak sengaja awal tahun 2003, di SMK Kosgoro Payakumbuh.

Keikutsertaan saya pada kegiatan tersebut adalah atas perintah pembina OSIS MTsN Limbanang, pada waktu itu Dra.Zuriati. Kebetulan saya ketua OSIS. “ Ko ketua OSIS paralu ikuik ko Latihan Dasar Kepemimpinan Pelajar Islam Indoensia, awak lai sedang libur pulo “ ibuk zur berdomisili di payakumbuh sehingga bahasanya adalah bahasa “pasa”.

Setelah Basic Training, satu hal yang penting, kendatipun saya termasuk peserta termuda dari 4 orang peserta kelas 2 MTsN, tapi saya ketua Members Group. Diantara anggotanya adalah Widia Ningsih ( Bendum PW PII 2005-2007 ). “ Ni wid tu anggota ambo tu kawan-kawan, baa ka baa ambo ketua nyo tu mah”

Bekal inilah yang saya gunakan untuk mengkritisi sekolah melalui mimbar kultum sebelum shalat zuhur dan mendemo kepala sekolah karena tidak mau mnegabulkan keinginan kami untuk menjenguk teman yang sakit, walaupun pada akhirnya dapat dipatahkan dengan mudah oleh pak kepsek. ( Ketika aktif di PD PII tahun awal 2005, saya mengetahui kalau kepsek MTsN kami adalah KB PII dan Ketua Yayasan Training College ( TC ) yang menjadi sekretariat PD PII Payakumbuh/50 Kota dari “dahulukala“ sampai sekarang)

Adapun yang ingin saya bagi pada kesempatan adalah kemerasaberuntungan saya telah belajar di wadah ini.

Oktober 2004 saya terpilih menjadi Ketua Umum PD PII Payakumbuh 2004-2005 menggantikan Febri Setiawan. Yang ber efek kepada meningkatkan tingkat popularitas saya di sekolah dan dunia ke aktivisan pelajar di Kota Payakumbuh J.

“ o iko nan Efri Yunaidi ketua PII tu ” suatu ketika seorang alumni organisasi lain berujar.

November 2004, saya mengikuti Intermediate Training PII di Panyalaian X koto yang diadakan oleh PD PII Kota Padang Panjang. Diantara Instrukturnya pada waktu itu adalah Yudi Helfi, Ezi Fitriana, Arfendri, Asmayenti,Riko Putra, Tomi Man Bayoe dan Adel Wahidi.

Diantara materi yang berkesan pada waktu itu adalah bagaimana menyusun Action Plan setelah training dengan menggunakan analisis SWOT. Analisi SWOT ? a lah ko?

Akhir November 2004, Kami mengadakan TC PD PII Payakumbuh/50 Kota yang diikuti oleh pengurus baru dan difasilitasi oleh utusan PW PII Sumatera Barat yaitu Adel Wahidi dan Meiriza.

Pelajaran yang masih sangat saya ingat adalah mengenai dasar Management yang terdiri dari Techincal skill, Human Relationship Skill, Team Work Building Skill, Conseptual Skill dan yang kedua adalah cara menetapkan tujuan dengan SMART ( Spesific, Measurable, Achievable, Realistic, serta memiliki skala waktu pencapaian yang jelas ). Senang rasanya bisa mengetahui hal-hal tersebut, yang memang tidak diajarkan disekolah.

Oktober 2010, saya kuliah di UNAND jurusan Teknik Industri, semester 7. Salah dua mata kuliah yang saya ambil adalah Manajemen Strategik ( kawan di kampus sering menyebutnya Manstra ) dan Analisis Perencangan Perusahaan ( APP ). Dan secara mengejutkan, materi-materi tersebut kembali saya jumpai dalam 2 mata kuliah tersebut.

Analisis SWOT dan Dasar Management saya temukan pada mata kuliah Manajemen Strategik. Sedangkan cara menentukan tujuan ( SMART ) saya temukan pada mata kuliah Analisis Perancangan Perusahaan ( APP ). Mata kuliah yang memang hanya bisa diambil setelah meluluskan beberapa mata kuliah wajib lainnya yang terkait. Saya tidak menyangka materi-materi yang saya pelajar di PII ternyata baru saya pelajari di semester 7 perkuliahan. Kendatipun tak bisa dibantah, materi kuliah lebih didukung dengan teori-teori lain yang menyertainya.

Inilah sedikit yang bisa saya tuliskan dengan serampangan, Saya beharap rekan-rekan juga menjumpai hal seperti itu!

Ditulis Senin,Setelah kuliah shift 4 sebelum maghrib!sadang panek bana ko ha!

Efri Yunaidi

Ma Nan Alun Advanced segera Advanced, lain pulo pelajarannyo!

2 komentar:

koreksi: Ibuk zur domisili di IV angkek canduang bukan di pyk.... awak ikuik training ndak pakai disuruh, awak bana nan tagak sato. sebagai perserta termuda.. Ketua PD nyo waktu itu Kanda Efri (nan mambuek tulisan ko)... hari partamo awak muntah2,,, hari katigo stelah kultum zuhur awak di panggia zainuddin M,Z dek ketua OSIS SMA 1 Harau katiko itu...(faris rm) hahahahahahaa

wakatu ambo masih sekolah disinan,,alpharishie kan 2 tahun di bawah ambo.!

Posting Komentar

Silahkan beramal shaleh....