Komunitas Pembelajar

Pengurus Wilayah

Pelajar Islam Indonesia ( PII )

Sumatera Barat

Gedung Student Centre Jln.Gunung Pangilun Padang ( Depan MTsN Model Padang)

Search

Selasa, 04 Januari 2011

Kasih Ulama Buat Pemimpin

Kekeliruan selama ini dalam melihat kasih sayang adalah menjadikan kepenurutan sebagai buktinya. Bahkan sikap hormatpun mesti ditunjukkan dengan sikap penurut.

Pola berfikir begini menyusup kemana-mana bahkan sampai kepada hubungan ulama dengan penguasa. Peran ulama yang melanjutkan peran Rasulullah saw yang mesti bersama dengan kebaikan dan tegak berhadapan melawan kemungkaran, juga terpengaruh oleh pola fikir "pak turut" ini. Sehingga bertubi-tubilah cacian serta makian kpd orang-orang yg berdiri tegak berseberangan dengan para penguasa. Radikallah, tidak bijaklah, kurang ariflah, emosionallah dan berbagai gelar lainnya. Nampaknya ada hal yang mereka lupakan yaitu: "Selembut apapun kalimat yang haq, tetap akan terasa pahit terasa di kerongkongan mereka yang durhaka!"

Karena itu, wahai para pejabat yang berkuasa ! Fahamilah kasih ulama dalam kejujuran nasehat yg mengalir. Ulama yang menyayangi pemimpin adalah yang lebih menghibakan dahsyatnya perhitungan Allah swt kpd pemimpinnya itu kelak di hari akhir. Walaupun pahit, nasehatnya tetap akan meluncur karena kasihnya kepada akhirat jauh lebih dalam dibandingkan kasihnya kepada dunia pemimpin tersebut.

Yang menjadi ketakutan ulama yang penuh kasih kepada pemimpinnya adalah:
Do'a Rasulullah saw untuk para pejabat yang berwenang:

اللهم من ولي من أمر أمتى شيئا فشق عليهم فاشقق عليه و من ولي من أمر أمتى شيئا فرفق بهم فارفق به

" Ya Allah !!! Siapa yang berkuasa mengurus urusan umatku walau sedikitpun kemudian orang itu memyusahkan mereka maka buat pulalah orang itu menjadi susah dan siapa yang mengurus urusan umatku walau sekecil apapun kemudian dia bersikap belas asih kepada mereka maka belas asih pulalah kepadanya!"(HR. Muslim)

Apakah belum tiba waktu untuk menyadarinya ???!
Allahumma fasyhad !!!



Penulis :
Buya Gusrizal Gazahar
Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Sumatera Barat

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beramal shaleh....